Tuesday, June 9, 2015

Backpacking ke Torino via Genoa, Italia


       
       Alrait! Akhirnya gue nulis lagi karena kemarin diserang oleh kemalesan dan kesibukan haha. Kali ini gue bakal cerita tentang perjalanan gue menuju Torino atau terkenal dengan Turin dimana stadion Juventus berada pada tanggal 30 Desember 2014 kemarin (lawas!). Nah! Sebelumnya gue cerita tetang perjalanan gue ke Nice dan stay disana selama 2 malem  bersama Laura dan Lorene karena gue mampir ke Eze Village dan Monaco. Nah karena kereta gue ke Torino itu jadwalny pagi-pagi banget dan malem sebelumnya kita ngobrol ampe larut malem dan akhirnya gue memutuskan buat tidur deluan sedangkan mereka masih lanjut ampe pagi alhasil kita kelimpungan pas pagi-pagi. Laura suruh gue tidur dikamarnya sedangkan mereka nanti tidur di ruang tamu karena mereka masih lanjut. Lucu kan lucu? yang tamu siapa yang punya rumah siapa? Yap! gue yang numpang akhirnya tidur di kasur empuk sedangkan mereka yang punya apartement malah tidur di sofa! Bagoooooos! 
       Sebelumnya gue diceritain ama Lorene tentang asbak kaki sapi yang ada dirumah mereka. Ternyata itu asbak sapi punya cerita fenomenal dan ternyata juga itu kaki sapi beneran! 
Jadi ceritanya dulu si Lorene lagi mabok berat ama sodara dan temen-temennya. Mereka berempat tuh terus mereka liat sapi di kebon sebelah! Dan lo tau sapinya mereka apain? mereka pukul-pukul ampe mati dong ya! Terus buat kenang-kenangan kakinya di bawa pulang! jadi masing-masing dari mereka bawa 1 kaki sapi! Ya Allah gue gak abis pikir ama kegiatan mereka waktu itu. Si Lorene juga merasa bersalah karena waktu itu dia mabok dan sampe ngebunuh sapi. Coba deh bayangin 4 cewe bunuh 1 sapi besar trus ngambil kakinya buat souvenir dan dijadiin asbak. Serem dan sadis banget hahahahhaa
       Nah lanjut! Setelah tidur nyenyak gue bangun tuh pagi-pagi siap-siap gue malah sempet ke pantai dulu buat ambil pasir pantai buahahahha. Buat kenang-kenangan ceritanya dan gue balik lagi ke rumah buat siap-siap lagi. Pas sampe rumah si Lorene masih melek matanya dan belum tidur sedangkan Laura udah tidur manis. Gue gak enak dong ya bangunin mereka haha padahal kereta gue jam 6.30 jadi setidaknya jam 6 udah di stasiunlah ya. Akhirnya gue memutuskan untuk bangunin Laura "Tok tok.. (ngetok pintu) Laura, I must go to station" Trus Laura bilang"Oh yes, wait! I'll prepare my self" terus gue bilang "Okay!" Nah si Laura dandan dah tuh sedangkan Lorene baru banget tidur karena sebelumnya dia masih katawa-ketiwi pas gue ke Pantai. Nah tiba-tiba si Laura nanya jam yaudah gue jawab aja jam 6. WHAAAAAT? Doi langsung kelimpungan dan tiba-tiba inget kalo kereta gue 30 menit lagi. Dia langsung lempar pistiknya dan ngobrak-obrak bangunin Lorene! Merek langsung siap-siap mode kilat. Akhirnya! Kita pun lari-lari men! Gue dengan tas carrier gue yang lumayan besar juga lari! Oh my God! Cape banget asli untungnya stasiun gak jauh dari rumah mereka. Gak beberapa lama kita pun sampe dan liat kalo kereta gue di cancel! Kampretos! hahahahhaha Untungnya ada kereta selanjutnya yang cuma nunggu 30 menit. Lorene dan Laura nganterin gue ampe di depan kereta banget! Mereka bilang biar gue gak kesasar. Sumpah dua orang ini super baik banget ama gue. Akhirnya gue berpisaaah dengan mereka di depan kereta gue. Makasih yaaaaa buat kebaikan kalian gays! Muwaaaaaah
       Jadi, jalur gue menuju Torino adalah Dari Nice gue ke Ventimiglia. Trus dari Ventimiglia ke Savona dan terus dari Savona ke Turin. Perkiraan sampenya ham 12.35 siang. Rempong kan transit-transitnya. Tiket keretanya 34.70 Euro. Nah, perjalanan dari Nice ke Ventimiglia alhamdulillah lancar trus gue ganti kereta yang ke Savona dan keretanya bagus deh. Asli modelnya kaya kereta di Harry Poter yang ada pintunya gitu hahah. Karena sebelum naik kereta gue liat monitor tulisannya Savona jadi gue pikir tujuan terakhirnya ya Savona jadi gue tinggal duduk anteng tidur dan sampe! Easy! Pas di kereta awalnya gue sendirian lama-lama full. Gue tidur aja dong ya! haha Klise biar cepet nyampe alasannya. Nah! waktu menunjukkan puul 11.10 dan harusnya gue sampe Savona itu sekitar jam 10 pagi dan akhirnya gue nanya ama orang depan gue "Is this train going to Savona?" Terus orangnya jawab, "Savona? We passed already. 30 minutes ago!"  Matiiiiii gue!!! Gue langsung ambil tas gue cepet! Tiba-tiba ada mbak-mbak depan pintu nanya gue dan saranin gue turun di statiun selanjutnya dan beli tiket disana haha. Alhasil gue turun di Genoa atau Genova! Hahahahahaha sumpah itu pengalaan yang bodoh banget! Asli gue pun beli tiket baru lagi karena tiket yang udah gue beli gak bisa dipake atau di refund. So, pengeluaran ekstraaa! Akhirnya gue pun naik kereta lagi dari Genoa ke Torino dan sampenya jam 13.35. 1 jam lebih lama. hahahahhahah
       Akhirnya dengan keringat berlebih gue sampe juga di Torino Porta Nova. Nah gue telepon host dari couchsurfing gue dan gue disuruh naik bus no 40. Akirnya gue tanya-tanya orang sekitar aja dan ketemu juga itu bus. Gue celingak clinguk tuh di depan bus abisan gue bingung mau beli tiket dimana karena supirnya pun gak ada dan ibu-ibu di dalem bus suruh gue masuk. Terus gue tanya dimana gue bisa beli tiket dia bilang gak usah wolesss.. eh?? seriusan buk?? Serius ternyata jadi gue gak beli tiket dan beneran hampir 90 persen orang-orang yang ada di dalem bus gak punya tiket. Buseeeet! Akhirnya gak lama kemudian gue ketemu temen gue dan pergi ke rumahnya. gue siap-siap, cuci muka, dll dan lagsung jalan ama doi. Gue pergi ke bukit biar bisa liat pemandangan Turin dari atas. Kata Gabrielle temen gue "Arista, you're the first person who asked me to go here the first" hahah soalnya biasanya orang-orang kesana itu ya sore-sorelah lah gue baru sampe langusng kesana dan suruh anak orang ikutan jalan nanjak. Cape kan hahaha. Tapi pemandangan Torino dari atas keren banget asli. Bagus banget!  Nah kita berangkat juga naik bus dan juga gak bayar lagi. Gue tanya dong ama Gabriel tenyata emang kaya gitu. Orang-orang pada males beli soalnya juga gak pernah di periksa. Kalo pun mau beli tiket itu biasanya di deket halte ada kiosnya sendiri jadi kita gak bisa beli tiket di supirnya. Dan biasanya juga sopir gak mau banget ditanya-tanya dan kadang ada tulisan gak boleh nanya-nanya sopir di kaca bus hahaha
   
   Nah pas diatas si Gabriel nyapa dua cewe. Satu dari Rusia dan satunya dari Milan cuma mereka berdua lagi belajar di Berlin. Dan mereka ternyata juga dihosin ama Gabriel dan adiknya. So, gue kan bawa tripod dan motret pemandangan dulu tuh tiba-tiba si Darya si cewe Russia bilang. Kamu masih lama gak? kan besok bisa motret lagi. Whattt? gileeeee ape gue baru sampe dan baru motret disuruh udahan padahal besoknya jam 11 pagi gue udah jalan lagi ke Paris. Kupret! Akhirnya gue cuma motret beberapa kali doang dan jalan ama mereka deh bareng-bareng. Karena waktu itu masih musim dingin dan Torino itu posisinya di utara Italia jadi bener-bener dingin soalnya pas liat pemandangan Turin dari atas gue bisa liat pegunaungan Alpen yang bersalju. Nah kita jalan dah tuh berempat dan disepanjang jalan dua cewe itu ngeluh mulu katanya cape soalnya udah jalan seharian terus pengen minum kopi soalnya kedinginan. Oh my God. Pengen gue timpuk rasanya padahal gue aja baru jalan.
       Akhirnya gue ngalah dan kita minum coklat dan ngobrol-ngobrol trus udah tuh. Gabriel nunjukin gue bebrapa monumen dan jelasin ke gue semuanya. Dari mont e dei Cappuccini, Mole Antonelliana, Piazza Castello, Palazzo di Citta, Pinacoteca Dell' Accademia Albertina dan Via Po. Torino bagus lah kalo buat kota-kota karena gak terlalu rame dan bersejarah. Ceritanya sih dulu Torino pernah jadi ibukota Italia hohoho. Setiap sudutnya punya cerita dimana di via Po (via=jalan) di bagian kanan jalannya bener2 berpilar dan beratap jadi lo gak bakal keujanan kalo lewat situ jadi kata Gabriel itu jalanan raja biar kalo si raja atau ratu lagi jalan kesana gak keujanan atau gak kepanasan! parah kan? hahahah Terus juga ada gereja buat si kaya dan si biasa aja dan gerejanya sebelahan. Ada? Ada! hahahaha Terus ada juga gambar banteng di jalan dan lo harus puterin sebanyak 4 kali kalo gak salah dan ntar lo jadi beruntung hahaha. Gitu deh! 
       Mole Antonelliana yang paling terkenal di Turin soalnya diatapnya kalo malem lo bisa liat angka-angka katanya sih itu berkaitan ama Davinci Code! Katanya loh ya. Katanya hahahaha Pemandangan yang bakal lo lihat di kota Turin bener-bener Italia banget deh dengan gaya-gaya Roman gitu dan tentram karena Turin bukan kota yang tenar banget buat turis. Gak seperti Milano! Padahal hampir 90 persen orang Italia yang gue temuin bilang kalo Torino/Turin lebih bagus dari Milan/Milano. Milan lebih kaya kota besar mungkin kaya Rotterdam di Belanda. 
       Setelah itu mampirlah kita ke cafe yang jualan wine. Turin juga terkenal dengan winenya ya cuma sayangnya gu bukan peminum alkohol jadi gue gak minum deh tuh gue cuma nemenin orang-orang itu minum cuma gak kelar-kelar. ngeselin banget deh! nah terus udahan tuh dan pindah lagi ke bar tempat temennya Gabriel yang jual minumankhas Torino. 2 cewe Russia dan Milan tadi minum dah tuh. Disitu juga lama banget gak kelar-kelar! gue bete parah! Si cewe Russianya udah sedikit mabok terus ngomong-ngomong sendiri tentang Torino dan muji-muji gue gak jelas. Aneh! "Oh Arista seneng banget ya jadi kamu gak suka minum. Udah sehat dan kamu pasti gak bakal mabok. Torino Indah ya? Bagus banget deh!" Gitu-gitu aja sepanjang jalan hahaha
Gereja orang kaya dan gereja orang biasa
       Akhirnya gak beberapa lama pun kita pulang naik mobil dianterin ama temennya Gabriel. Nah pas udah sampe rumah, Gabriel masakin gue spaghetti Tuna! Lumayan yaa dibuatin spaghetti ama orang Italia asli! Gratis lagi! Komplit banget asli hahah. Abis itu gue pun tidur ama Tip. Dia Cewe au pair dari Amerika dan udah stay di Turin selama 1 minggu woooow. Rumahnya Gabriel udah kaya hostel deh soalnya yang nginep itu gue, Tip, satu cewe Russia yang mabok, satu cewe Milan dan 1 cewe Mexico dan ada juga adikknya Gabriel! hahah Rame kan! 
       Karena hari itu gue gak puas jalan-jalan ditambah lagi itu pas winter jadi jam 5 aja udah malem kan akhirnya gue memutuskan untuk bangun pagi biar bisa jalan-jalan lagi sebelum berangkat ke Paris. Nah akhirnya gue jalan-jalan dah tuh pas pagi-pagi gue udah mejeng depan halte buat ke kota. Karena pasih pagi-pagi banget jadi cuma ada gue ama 2 orang lagi dengan kopernya. Aman lah terus tiba-tiba bus yang mau gue tumpangin lewat gitu aja depan gue padahal jelas-jelas gue mejeng disitu. Orang sebelah gue senyum dan bilang kalo lo mau naik bus lo harus kasih simbol dengan tangan lo kaya mau naik angkot gitu jadi nanti busnya minggir dan berhenti. Buseeeet. Ngeselin banget kan!! nah akhirnya gue naik dah tuh sepi banget dan kok lama banget ya gak kaya kemarin-kemarin dan ternyata gue salah arah! harusnya gue naik bus dari seberang! buseeeeeeeeet. Alhasil gue ke pemberentian terakhir dan ke kota lagi dari awal. Ujung-ujungnya gue sampe kota udah terang juga. Sial banget gue perasaan! nah gue cepet-cepet banget dah tuh jalan terus beli pizza, sovenir dan lain-lain. 
       Bus gue ke Paris jam 11 dan waktu itu udah jam setengah 10 jadi gue langsung balik lagi ke rumah Gabriel dan Gabriel bilang kalo gue mepet banget. Gue pun lari-lari ke bus dan nanya dimana pemberentian bus gue ke Paris soalnya si Gabriel bilang cuma 10 menit sampe cuma dia lupa namanya. Suek banget kan. Gue nanya-nanya orang di bus pada gak bisa bahasa Inggris terus jam udah mau jam 11, terus busnya lambat banget, huaaaaaaaa gue udah mau nangis waktu itu dan untungnya ada satu orang yang bantu gue dan nenagin gue dan akhirnya gue berhenti dan liat bus gue yaitu IDbus. Gue lari-lari dah tuh bodo amat padahal bawa tas gede banget. Pas di depan bus gue bilang "Buseeeey, untung aja busnya telat" tiba-tiba ada orang yang nyautin "Busnya gak telat tapi kamu yang telat" buseeeet sadis banget kan orang ini. Sirik banget ama gue hahaha bodo amat yang penting gue gak ketinggalan bus padahal waktu itu udah lebih dari jam 11. Kali ini gue beruntung hahahaha. Soalnya kebiasaan idbus itu selalu ngecekin bawaan kita dan nanti kita dikasih stiker buat nandain bawaan kita. Makanya agak lola.  Alhamdulillah deh pokoknya






       Nah akhirnya gue naik bus ke Paris dari Torino dan menempuh perjalanan sekitar 14 jam. Tapi tenang di dalem bus ada wifinya jadi gak mati gaya dong ya! hahaha Apalagi pemandangannya juga bagus banget. Gue liat mount Blanc yaitu gunung-gunung yang bersalju bahkan masih ada salju disekitanya padahal sebelum-sebelumnya gue gak dapet salju hahaha Indah deh pokoknya
Perjalanan di Turin keren deeeeeh dan gue bakal sampe Paris jam 22.45 dan berencana merayakan tahun baru di kota Romantis tersebut. cieeeeelaaah!!


No comments :

Post a Comment

Write what do you think about that :)