Thursday, December 31, 2015

Jalan-Jalan 2 Hari di Slovenia

Yuhuuu... Gue melanjutkan perjalanan gue ke Slovenia dari Venice. Gue gak pake kereta karena harganya mahal jadi gue pake GoOpti. Awalnya gue gak yakin sama ini transportasi karena sama sekali gak familiar di telinga gue haha. Gue cari tulisan referensi orang-orang tentang goopti juga jarang banget jadi gue ambil resiko aja dan tetep book Goopti. Tips GoOpti adalah lo harus bener-bener tau dimana lo mau diturunin dan dijemput soalnya kalo lo ubah tujuannya pas lo udah duduk manis di mobil nanti disuruh bayar 5 euro karena ganti tujuan. hahaha karena waktu itu gue ubah tujuan gue jadi gue bayar lagi 5 euro. Kalo gue bilang pake GoOpti nyaman kok. Modelnya kaya Shuttle bus isinya gak banyak dan kursinya nyaman. Yang kerennya lo bisa diturunin ampe bener-bener depan rumah. Pengalaman gue waktu itu sih abang supirnya baik banget sampe mau nelponin rumah teme gue di Ljubljana karena gue gak bisa nelpon temen gue pake Hp gue. Dia juga bantuin gue cari rumah temen gue karena gue adalah penumpang terakhir. Jadi, helpful banget.

Kenapa gue ke Slovenia? May tau gak? hahaha Jadi gini, gue ceritain kejadian 6 tahun lalu kalo gitu biar pada ngerti kenapa gue ke Slovenia karena Slovenia adalah negara eropa timur yang kecil yang gak tenar.

Jadi 6 tahun yang lalu ada 2 bule lagi coba hitchhiking  di depan tempat makan nyokap gue. Gue mah geleng-geleng kepala doang waktu itu karena gue berpikiran ini bule aneh banget sih mau minta tebengan di Bali. Karena waktu itu gue masih SMA jadi agak labil pemikirannya ya. Terus nyokap gue nyuruh gue nanya ke dua bule itu mau kemana dan akhirnya nyokap gue nyuruh gue ngajak 2 bule itu duduk buat makan dan minum. Gue ngobrol panjang lebar. Mereka lagibackpakeran keliling Indonesia dan Asia. Ternyata dua orang ini mau ke bandara karena mereka mau terbang ke Makassar untuk mengunjungi Toraja. Mereka travelling on budged jadi gak punya banyak uang jadi akhirnya bokap gue nganterin mereka ke bandara. Kita pun tukeran facebook dan masih keep in touch sampe sekarang. Dari mereka gue tau Couchsurfing dan bagi gue mereka adalah sosok yang buat gue berkeinginan untuk mengeksplor dunia. Waktu itu rasanya mustahil banget kalo gue nyamperin dia ke Slovenia secara eropa itu jauh dan identik dengan liburan mahal sehingga perlu uang banyak buat pergi kesana jadi gue mah cuma berandai-andai doang.

Akhirnya setelah 6 tahun berlalu gue berkesempatan untuk tinggal di Belanda dan dapet hari libur jadi gue memutuskan untuk mengunjungi temen gue itu. Gak pernah sangka gue bisa dateng ke Ljubljana buat nyamperin dia setelah 6 tahun lamanya. Dulu masih ingusan sekarang udah lumayan dewasa lah gue.

Jadi, gue tinggal ama Zeljka (temen gue itu). Seneng banget rasanya bisa ketemu dia. Kita pun berpelukan dan ketawa-tawa hahaha. Karena gue sampe pagi-pagi buta akhirnya gue tidur lagi sebentar dan bangun sekitar jam 10 pagi. Rencana gue ya gue jalan-jalan di Ljublaja dan Bled dimana ada kastil di tengah danau yang indah banget. Kaya di google-google gitu gambarnya hahaha. Akhirnya Zeljka nyaranin gue pake  Prevoz buat jalan-jalan di dalem slovenia. Kaya blablacar gitu sistemnya cuma ini punyanya Slovenia. Gak sengaja, Zeljka nemuin tumpangan murah ke bohinj yaitu danau juga. Jadi abis dari Bohinj gue bisa naik bus ke Bled. Sipp! Jadi gue ambil route ini.

BOHINJ

Gue dijemput sama seorang cewe dari Prevoz. Dia orangnya baik banget deh dan ternyata dia adalah seorang musisi. Kita ngobrol sepanjang jalan ke Bohinj. Gue cuma bayar 4 euro dari Ljubljana ke Bohinj. Murah banget kan? Dan ternyata memang gak salah. Bohinj bagus deh. Masih ada salju yang menutupi beberapa sisi Bohinj. Akhirnya gue liat salju setelah beberapa hari jalan hehehe. Ada sebuah rumah warna putih disisi danau Bohinj. Bebek-bebek juga berenang dengan senangnya. Ini pemandangan menakjubkan banget dengan gunung bersalju sebagai backgroundnya. Keren asli!

Pergi kesini cocok banget buat refreshing karena tenang banget dan baik untuk mata karena seger banget pemandangannya. Langit yang biru cerah saat itu mmbuat Bohinj tampak lebih indah dan menawan. Gue gak lama di Bohinj jadi gue langsung naik bus buat ke Bled.

BLED

Setelah naik bus dari Bohinj akhirnya gue sampe di Bled. Sebelum itu gue beli kebab di sebuah tempat makan kebab. Di dalem tempat makan itu lumayan rame. Gue masuk dan semua orang serentak noleh kegue. Mata mereka serentak melihat ke arah gue. Gue kaget dan gak nyaman banget. "Apa ada yang salah ama penampilan gue yak?". Gue nyamperin pelayan dan mesen satu kebab ayam. Dia senyum ama gue dan nanya.
"where are you from?"
"Indonesia"
"Ooooh Indonesia" Ngomongnya keras sambil bilang ke orang-orang sekitar sehingga orang-orang sekitar gue pada takjub dan senyum ke gue. Gue bingung banget dengan apa yang terjadi saat itu.Si Pelayan ngomong lagi ke gue.
"You're so beautiful"
"hah? haha Thank you. You are beautiful too. So, chicken kebab please"
Gileeee gue dibilang cantik haha. Gue duduk manis nunggu pesenan gue. Selama gue duduk mata orangorang masih ngeliatin gue terus sambil senyum-senyum ke gue. Gak cewe gak cowo. Semuanya. Gue jadi salah tingkah. Pas kebab gue udah jadi gue pun cabut keluar dan semua orang melambaikan tangan ke gue dan bilang ati-ati. Gue serasa jadi artis banget dah ahahha

Jadi, Kembali ke topik yaitu Danau Bled. Danau Bled adalah sebuah danau luas dengan kastil ditengah-tengahnya. Gue gak bosen-bosen liat pemandangan ini soalnya bener-bener indah. Kalo summer banyak orang daten kesini buat benerang tapi karena gue datengnya pas winter jadi gak mungkin benerang ya. Gue cuma jalan menyusuri danau sambil menikmati keindahan Bled. Tenang banget suasana disini. Gak banyak turis juga jadi ya makin enak dan nyaman pastinya.

Di danau ini banyak anak-anak kecil ngelemparin roti ke danau buat bebek-bebek. Sejahtera banget lo bek. Kalo di Indonesia udah dimakan lo hahaha Hmmm... gunung yang tertutup salju di sekitar danau membuat gue terpana karena gue gak bakal bisa liat begituan di Belanda dan sebelumnya di Italia oun gue gak liat jadi hal ini adalah sesuatu yang baru bagi gue.

Sebenernya bisa banget buat ke kastil Bled yang berada di tengah-tengah danau dengan menggunakan perahu kayu cuma gue gak kesana karena gak ada waktu dan hemat uang. Melihat kastil dari jauh aja udah buat gue seneng kok hahaha. Kalo gue ke kastil gue bakal ketinggalan bus buat ke Ljublajana hehe.

Selama emnyusuri danau, gue melewati hutan dengan banyak pohon di sekitarnya. Bau dedaunan dan tanah selalu membuat rileks hahaha. Kastil Bled selalu terlihat indah dari angle manapun. Gak ada kata jelek deh pokoknya. hoho

Bus menuju Ljubljana setiap 1 jam sekali jadi kalo gue kelewatan gue harus nunggu lama sedangkan gue harus ke Ljubljana buat jalan ama Zeljka dan menghabiskan waktu bersama melihat indahnya kota Ljubljana sebelum malam datang.

LJUBLJANA

Setelah berkunjung ke Bohinj dan Bled gue kembali ke Ljubljana buat ketemu Zeljka dan muter-muter Ljubljana. Dia nunjukin gue tempat-tempat indah di Ljubljana. Gue gak tau kenapa tiap orang disini masih aja ngeliatin gue dari atas ampe bawah. Kata Zeljka karena jarang banget orang asia kaya gue disini jadi orang-orang suka ngeliatin karena gak bakal tiap hari ngeliatin gue hahaha. Buset gue jadi malu kan kalo diliatin haha.

Gak perlu naik tram atau metro buat ngelilingin Ljubljana karena kita bisa jalan laki buat muter-muter ibu kota Slovenia ini. Ditemani Zeljka, kami pergi ke triple bridge yang tenar itu. Dari jembatan-jembatan ini kita bisa liat sungai yang memisahkan Ljubjana. Pemandangannya oke kok. Gak jauh dari situ  disebuah alun-alun yang merupakan lokasi pusat Ljubljana, ada sebuah patung penyair paling tenar Prancis Prešeren.

Ljubljana tenar banget dengan simbol naga karena dsitu ada patung naga yang menjaga beberaa jembatan. Gak heran tiap gue masuk ke toko souvenir pasti banyak ornamen naga-naga gitu. Bener-bener kaya di negeri dongeng ceritanya. Gue seneng ama Ljubljana soalnya kota kecil ini terlihat damai dan indah. Gak terlalu ramai dengan orang cuma Zeljka bilang ekonomi Slovenia buruk banget apalagi buat pendatang kalo gak punya rumah buat nyewa rumah itu mahalnya minta ampun. Jadi buat orang Slovenia asli sih gak masalah karena sebagian besar dari mereka pasti udah punya rumah turun menurun.

Di Ljublajana juga terdapat sebuah kastil kuni berusia sekitar 400 tahun yang ada di pusat kota. Dari sana kita bisa melihat pemandangan seluruh kota Ljubljana dengan gunung Alpen dari kejauhan.

Ljubjana adalah kota indah yang oke buat di kunjungin karena murah dan indah. Buat para budged traveller gak bakal nyesel deh kalo berkunjung ke Ljubljana. Paling buat orang Indonesia atau south east asia lainnya siap-siap aja diliatin ama orang karena muka kita itu beda. Gak pasaran. Mereka bukannya gak suka ama kita mereka cuma penasaran ama kita hahaha. Jadi gue tau sekarang kenapa pas di Bled orang-orang pada ngelitin gue haha. Orang Slovenia ramah-ramah kok. Jadi gue pun harus melanjutkan perjalanan gue ke tempat berikutnya yaitu Budapest.