Thursday, December 31, 2015

7 Hari di Italia (Roma, Florence, Pisa, Cinque Terre dan Venezia)


ROMA

Finally, gue sampe di Roma. Coloseum menanti gue hahaha. Siapa sangka bisa menginjakkan kaki di negara indah, santai dan penuh cinta ini. Karena pake maskapai penerbangan murah jadi bandara gue agak jauh dari center sehingga gue harus naik bus buat ke center. Gue beli tiket shuttle busnya via online sekita 5 euro. Murah sih! Kalo gak sempet lo juga bisa beli tiketnya di bandara kok. No worry! Bisa liat infonya di terravision. Seperti biasa gue pake couchsurfing buat akomodasi. Selain gak ngeluarin uang buat hostel atau hotel gue bisa ketemu orang baru untuk jadi temen baru. Asik kan! Kali ini gue nginep dirumah orang Italia Asli. Ini orang adalah temennya temen Argentina gue karena dapet host di Italia agak sedikit sulit jadi gue bersyukur karena temen gue saranin buat tinggal ama temennya dan host gue pun menerima gue jadi guest di Roma. Senengnya bukan main. Sebelum cabut travelling gue selalu catet nomor telepon host gue dan alamat mereka disebuah note kecil sehingga gue gak pusing-pusing cari wifi untuk buka web dan cari nomor telepon. Try to be easy person guys! Host gue kasih tau gu cara-cara untuk menjangkau daerah rumahnya dan kita bakal ketemu di Plaza Del Pietro! hmmm... 

Okelah! Karena gue laper jadi gue beli kebab yang murah meriah dulu di depan stasiun Fiumcino di center city sebelum naik bus untuk ketemu host gue. Gue beli tiket dan masuk bus dengan nomor 12. gue duduk deh lumayan pantat gue udah lumayan pegel. Karena waktu itu hari sudah menjadi malam jadi gue bisa liat keramaian kota Roma dengan lampu-lampu disekelilingnya. Roma itu guede banget gak kaya Amsterdam yang munyil. Kemacetan juga menjadi masalah di Roma karena kemacetan sering banget terjadi. Bus lama-lama jadi penuh dengan orang-orang dan tiba-tiba ada seorang pria yang ngajak ngobrol gue dan nanya-nanya gue darimana. Mayanlah buat orang ngobrol ahaha. Doi udah kaya travel agent karena tiap ada monumen atau bangunan bersejarah doai selalu nunjukin gue dan ngasih tau gue. Karena saat itu gue cape banget dan nama bangunananya susah-susah banget gue pun ngangguk-ngangguk aja tanpa inget satu pun nama bangunan yang dia sebutin haha.

Gak lama kemudian gue pun sampe di San Pietro dimana merupakan meeting point gue ama host gue. Gilaaaa pas gue sampe sana gue nganga karena bangunannya bagus banget gilaaaa. di tengah-tengah plaza pietro ada colom atau tugu nah gue duduk tuh dibawah tugu sambil makan kebab karena gak boleh makan kan di dalam bus jadi sekalian nunggu host gue yaudah gue makan dan sms host gue kalo gue udah sampe dan bilang kalo gue duduk di tugu depan bangunan super indah. Gak lama kemudia gue pun ketemu host gue dan kita pun cabut buat kerumahnya dia dimana gak jauh dari san Pietro, Sekitar 5 menit jalan kaki. Gue pun sampai di rumah host gue. Dia tinggal di sebuah flat dengan 4 kamar di dalamnya dimana yang punya flatnya adalah pasangan homo yang namanya Marco. hahaha. Gue numpang mandi dan bersih-bersih. Host gue rencanyanya mau party dan ngajakin gue tapi gue bukan party girl dan memutuskan buat gak ikut aja dan mending istirahat atau jalan-jalan keluar sendiri. Doi mandi dan siap-siap! Sebelum itu host gue ngeliatin peta dan nunjukin letak tempat-tempat terkenal di Roma kaya Colosseum, Trevi Fontain, dll. "Hmmm, where is Vatican? I would like to go there also" "Arista, here is Vatican", sambil nunjuk lantai "You're in Vatican now! I live in Vatican and where we met today is the famous church in Vatican"- Gubraaaaaaaak! ternyata bangunan yang indah tadi itu Vatikan. Gila pantesan aja bagus. Gue oon banget sumpah! gue cuma bisa ketawa-tawa doang jadinya hahaha. Karena host gue mau cabut ke party gue pun memutuskan untuk pergi ke Sant Pietro lagi terus pulang pas host gue mau cabut ke party soalnya doi gak punya kunci serep. Gue menikmati indahnya malam yang hening di Vatikan! Asik banget ya gue bisa tinggal di vatikan buat dua hari haha. Ngesot dikit udah sampe Vatikan haha. Gue cuma foto-foto doang dan jalan keliling vatikan trus cabut balik ke rumah karena host gue udah siap buat ke party.

Pas sampe dirumah dia bilang gak jadi Party karena temennya tiba-tiba gak bisa! doi udah siap banget dengan setelah super necis dan rapi akhirnya dia ngajakin gue keluar "Arista, do you like Ice Cream? Do you want to eat Ice Cream?" Gue ngangguk aja "But, now is 23.30. is there any Ice Cream shop still open?" "Yes it is. I think so!" Kita pun cabut keluar rumah buat beli es krim. Sebenernya ini agak aneh karena ini winter dan kita beli es krim. Bravooooo bukan! Cuma winter di Italia memang gak dingi parah kaya di negara eropa utara lainnya jadi masih ada anget-angetnya dikit. Gue dibeliin es krim tiga scoops sama host gue dah kita pun jalan-jalan keliling satu negara yaitu Vatikan secara ini negara terkecil kan di dunia haha. pas itu gue lewatin tempat tinggalnya Paus yang terkena itu dan ada penjaga dengan setelan yang lucu ternyata mereka adalah orang switzerland. Host gue bilang pejaga paus dengan baju lucu itu pasti dari Swis gak lain dan gak bukan haha. Oalah! begitu toh ternyata haha mayan pengetahuan baru. Gak kerasa udah hampir jam 2 pagi dan kita pun pulang dan tidur karena besoknya perjalanan gue akan dimulai.

Di hari berikutnya gue bangun pagi karena gue gak mau ngabisin waktu cuma molor doang. Kasian kan udah jauh-jauh sampe Roma gitu. Host gue juga siap-siap soalnya doi harus kerja pagi jadi kita pun rapi-rapi siap cus. Tiba-tiba Marco, si pemilik flat dateng dan ngomong bahasa inggris dengan logat Italy kentel "Who ate Kebab yesterday?"
Mateeee gue. Gue ngacungin tangan "Me!"
"You know, in Italy we separated the rubbish. You can't throw the rubbish like that. You must separated plastic and organic" "I did!" No, you did't. come here with me"
Dia pun nunjukin sampah kebab yang gue buang kemarin malem. Ya elahh itu padahal cuma nyelip plastik dikit doang gue diceramahinnya panjang banget hahaha. Akhirnya gue minta maaf dan ngerasa gak enak banget ama host gue. hahaha Dasar lebay banget ini orang.

Gue bawa peralatan tempur gue di dalem ransel gue kaya kamera, minum, tripod, alat tulis, dll. Gue jalan keluar. Pertama-tama gue ke San Pietro lagi secara kemarin gue kesana pas malem-malem jadi gue pengen liat San Pietro dikala matahari menyinarinya. Dimana disana ada gereja tenar namanya St. Peter's Basilica. Nah, tadinya gue pengen masuk ke museumnya cuma antriannya panjangnya ampunan akhirnya gue mengurungkan niat buat ngantri dan melanjutkan perjalanan gue ke tempat berikutnya yaitu Kastil Sant Angelo karena letaknya masih deket-deket Vatikan akhirnya gue kesana. nah disur  ada ponte Sisto Stroll atau jembatan dengan kali besar dibawhanya dimana dari jembatan itu lo bisa liat St. Peter Basilica. Indah banget deh.

Gue rasa jalan-jalan deket Vatikan udahan dulu karena gue mau jalan ke Coloseum si pujaan hari yang dari jaman SD gue liat gambarnya di buku IPS dan gue akhirnya bisa liat dengan mata kepala gue sendiri. Mimpi jadi nyatalah ceritanya. Dari Vatikan ke centre Roma gue naik bus dan gak lama kemudian gu pun sampe Roma tepatnya di Coloseum. Pas itu ada demo di depan Coloseum sehingga mengganggu pemandangan aje terus jalanan juga ditutup karena ada shooting film james bond. hahaha Alhamdulillah gue gak masuk scene kan gak enak kalo ada muka gue di film holywood haha.
Seperti di Vatikan, antrian masuk Colosseum juga parah banget panjangnya dan gue gak mau  ngantri karena setau gue isinya cuma reruntuhan doang so, gue lupain liat isi Coloseum. Coloseum megah banget bro! bener-bener kaya film-film gladiator gitu. Gila gue aja masih gak percaya bisa liat Coloseum dengan mata gue. Kalo ke Roma tapi gak ke Coloseum gak afdol rasanya kan. Bangunan ini merupakan salah satu karya terbesar dari arsitektir kerajaan Romawi dan merupakan sisa reruntuhan amfiteater. Nama Coloseum diambil dari nama sebuah patung yang bernama Colossus, yaitu patung yang disebut sebagai pengganti Nero, raja Romawi. Katanya sih dulu bangunan ini jadi tempat pertunjukan pertarungan antara manusia dengan binatang dan eksekusi tahanan.

Selain itu, yang membuat shock! Di sekitaran Colosseum itu banyak banget yang jualan tongsis!Sumpah gue gak boong. Itu warna warni tongsis buat Coloseum menjadi berwarna deh haha. Kalo udah ada bunyi sirene polisi tukang tongsing langsung lari tunggang langgang dan tiba-tiba hilang dari peredaran. Jadi kalo lo lupa bawa tongsing tenang. Di Italia banyak yang jual cuma lebih mahal haha jangan lupa nawar ya bos. Di deket Coloseum ada Roman Forum dimana gue liat banyak reruntuhan bangunan yang dibuat sejak jaman dahulu kala. Pokoknya bagus banget asli. Suasananya dapet banget deh dengan pengamen yang mainin musik dahulu kala sehingga buat gue terbawa suasana walau gue jalan sendirian.

Setelah jalan menyusuri jalanan dengan reruntuhan puing-puing bangunan romawi akhirnya di ujung jalan ada monumen Vittorio Emanuele II dimana monumen ini didirikan untuk penyatuan Italia. Bangunan marmer putih ini dilengkapi dengan bendera Italia sehingga megah dan Indah. Keren keren dah Roma! Karena gue ada janji ama orang Spanyol dari Couchsurfing dimana doi juga travelling sendirian jadi gak ada salahnya ketemu siapa tau bisa jalan bareng itung-itung nambah temen. Kan jadi seru tuh kalo ada temennya.  Gue janjian di Piazza Navona dimana merupakan salah satu alun-alun paling indah dan tenar banget di Roma. Di sekitaran piazza ini banyak kafe dan toko souvenir. Orang-orang juga rame banget lalu lalang jadi gue bilang ini alun-alun hidup banget dah.

"Hi, are you Arista?"
"Yes, I am. cool! you can recognized my easily!"
"haha of course! because you're Indonesian haha. I am Aleix. Nice to meet you"
Kampret! Iya juga sih jarang banreng muka-muka kaya gue di lingkungan kaya gini ya haha
"Nice to meet you too"

Ternyata si Aleix dulu kuliah disini jadi doi bisa bahasa Itali dan tau daerah sini. Hmm.. kejatuhan durian nomplok gue hahaha jadi ada guide deh haha. Karena udah siang kita pun memutuskan buat cari makan dan akhirnya beli Pizza. INGAT! di Italia harus hati-hati banget kalo ke tempat makan karena kalo lo makan di dalem restoran dan duduk didalemnya lo harus bayar pajak per orang. Kasarannya biaya servis dan serbet jadinya mahal banget. Jadi metode hematnya adalah lo beli makanannya dan makan di depan tokonya. Nelangsa memang cuma itu gak aneh. Lo bakal liat banyak orang berdiri sambil makan di depan restoran hahaha.

Gue jalan-jalan ke Pantheon ama Aleix nah Pantheon asli bangunananya kaya raksasa banget. Kokoh dan kuat banget rasanya. Pintunya aja buset banget gedenya. Gue coba dorong kaga pindah-pindah itu pintu. tebelnya bisa setengah meter itu pintu haha Gue ampe diketawain Aleix karena dorong-dorong ini pintu berharap kalo pintunya geser cuma nihil. Di dalem pantheon, lo liat atas deh nanti bakal ada cahaya matahari yap! panteon itu bolong atasnya hahaha cuma tenang kalo ujan mereka gak kebingungan karena ada lubang kecil dilantai untuk menyerap air. Ada-ada aja ya orang dulu haha. Heran dan takjub aja gue!

Hujan turun rintik-rintik dan gue ama Aleix udah agak cape akhirnya kita cabut ke taman kota yang udah kaya hutan terus ngeteh disana. Kita juga main ayunan dan foto-foto pake tongsis. Ini orang kaya orang primitif banget pas liat tongsis ternyata dia gak pernah pake tongsis dan waktu itu adalah kali pertamanya doi pegang tongsis haha. Kocak banget ini orang asli. Terus kita pun jalan dan akhirnya menemukan spot untuk melihat keindahan Roma dari atas. Gue juga lupa namanya apa itu tempat hehe Sorry ya guys. Itu juga gak sengaja nemunya haha. Lalu kita cus ke pedestrian buat jaln-jalan dan cuci mata. Beberapa kali kita masuk ke toko spik-spik nanya sekalian neduh. Lumayan si Aleix bisa bahasa Italia jadi gue modal mingkem dan senyum aja. haha

Gak kerasa waktu berlalu begitu cepat karena winter waktu ya emang lebih cepat dari biasanya. Kita langsung cabut  ke Trevi Fountain. Trevi Fountain merupakan air mancur terbesar di Roma dan juga terkenal banget di dunia. Nah disini ada mitos ngelempar koin dan kalo koin yang lo lempar masuk kolam katanya sih lo bisa balik lagi kesini haha tapi ngelemparnya harus membelakangi trevi fountain kalo main lempar doang mah gampang banget dong haha. Dan ngelemparnya itu pake tangan tangan dan tangan kanan lo harus melalui bahu kiri lo. Mitos doang sih bro gak usah diambil serius. Lagian pas gue kesana lagi renovasi. Apes banget kan gue namun gapapa yang penting udah liat hahaha. Di deket Trevi Fountain ada spanish steps. Tangga gitu cuma rame banget ama orang mondar-mandir, duduk, foto-foto, dll. Gue ampe bingung liatnya nah depan spanish steps juga ada air mancur. Italia mah isinya air mancur ama alun-alun doang cuma indah haha.

Gue udah mau berpisah ama Aleix cuma Aleix pengen banget nunjukin gue museum and Crypt of Capuchins dimana ada banyak tengkorak para biarawati disana. Dia sampe narik-narik tangan gue dan akhirnya pas sampe udah tutup. Dan dia tetep maksa orang museum buat bolehin kita masuk. Kita cuma bisa ngintip-ngintip dikit dan si Aleix maksa banget dan tetep gak boleh. Dia pun sedih banget karena gak bisa ngeliatin gue. haha Baik banget ini orang asli. Hmm... Gue ama dia cabut ke Stasiun buat cetak tiket gue Ke Florence besok pagi dan Aleix pengen banget ke Florence karena belum pernah kesana dan lumayan nemenin gue cuma karena tiketnya mahal dia gak jadi ikut. Kita pun berspisah disana.

Sendiri lagi gue! Gue cabut ke Colosseum buat liat suasana malem dan foto karena pas siang rame mampus dan males buat fotoan. Gue juga janjian ama host gue di Colosseum. Hujan membasahi Roma dan mempersulit gue buat foto. Pngorbanan pun di lakukan dan ahirnya gue foto hujan-hujanan. Sedih banget yaaak! haha Gapapa yang penting happy. Gue ketemu host gue di depan Colosseum dan kita pun pulang. Pas sampe rumah gue dibuatin spaghetty. Aseeeeeeeek banget hidup gue dibuatin spaghetty ama orang italia asli. hahaha Kurang beruntung apalagi gue! bersyukur banget deh. Setelah makan bareng kita pun tidur karena gue harus bangun pagi untuk naik kereta ke Florence. Untungnya halte bus buat ke stasiun pas banget di depan flat host gue jadi bangunnya bisa ngepas-ngepas haha

FLORENCE


Ciao! Gue sampe di Florence dengan mengunakan kereta regional Italia. Tips! Kalo ke Italia mending beli tiketnya online karena suka diskon dan kalo belinya dadakan atau langsung di statiun jadi mahal. Kereta di Italia bagus sih kalo gue bilang. Bersih dan nyaman. Bookingnya bisa di treinitalia atau italiarail. Sama aja kok

Florence bener-bener indah dan menawan dengan Duomonya. Kota ini gak sebesar Roma cuma sangat  menarik untuk dikunjungi. Dengan modal kaki doang gue udah bisa ngelilingin ini kota ini. Waktu gue gak banyak disini karena gue harus bermalam di Pisa hari ini so gue harus bener-bener menikmati Florence yang indah ini. Gue titip tas gue di Stasiun jadi gue gak perlu gendong tas gue yang gede itu. Mudah bukan! Travelling di Italia cukup murah jadi gak usah kawatir. Di pinggir jalan gue nemu peta Florence jadi gue ambil aja haha. Gue mulai jalan menyusuri Florence. Gue buat rute yang paling efiseien. Bangunan indah pertama yang gue liat adalah Abbazia di San Miniato al Monte yang mana adalah sebuah gereja indah berwarna putih. Gue udah kaya orang paling bener sendirian bawa peta celinga-celinguk senyam-senyum sambil menikmati indahnya arsitektur Florence. Terus abis itu gue cabut k Piazza Del Duomo. Florence tenar dengan duomonya jadi gak afdol kalo ke Florence tapi gak ke Duomo cuma gak mungkin kelewat  juga sih soalnya ini bangunan gede kokoh dan indah banget. Gak jauh dari situ gue ke San Lorenzo Market dimana lo bisa beli sovenir disini dengan harga yang lebih murah karena bisa nawar bos. Kalo lo agama islam bisa dapet harga lebih murah karena kebanyakan pedagangnya dari timur tengah. hahah Banyak banget produk terbuat dari kulit disini. Dari tas, dompet, ikat pinggang, note, sepatu dan lainnya.

Abis belanja-belanja kecil dan cuci mata gue cabut ke Ponte Vecchio yang merupakan jembatan tua. Disini gue liat pemandangan Florence yang klasik karena jembatan ini tua tapi indah dengan pantulannya di air. Di sekitar jembatan banyak pedagang perhiasan dan fashion.  DSelain itu banyak banget burung yang berterbangan di sekitar jembatan sehingga membuat suasana menjdi lebih indah.

Gue juga berkunjung ek Palazzo Vecchio yaitu sebuah istana tapi kaya benteng dengan gaya militer abad ke-14 yang ditunjang dengan menara setinggi 308 kaki. Selain itu, gue juga pergi ke Pitti Palace dan Accademia Gallery. Gelato tetap menjadi daya tarik utama di Italia. Gue beberapa kali beli es krim dan duduk di kursi publik sambil melihat sekeliling. ahh Indah banget. Gue terpesona banget. Abis makan es krim gue jalan lagi dan tiba-tiba seorang cewe nepok baju gue. Gue kaget dong.

"Hmm... c.c..can I take a picture" sambil nunjuk-nunjuk peta Florence gue
"Hah? take picture of this map? Do you need a map? I got it for free maybe there are still some maps there. Come with me"

Gue pun nunnjukin lokasi dimana gue dapet peta tadi dan dia pun seneng. Namanya Sam dia dari Korea dan Solo traveler juga. Akhirnya kita memutuskan untuk jalan bareng. Bahasa Inggris Sama susah sekali untuk gue mengerti. Ssah banget deh gue komunikasi ama dia. Bahasa Inggris dia kurang baik jadi mneghalangi kelancaran komunikasi. Gue nanya apa doi jawab apa alhasil gue cuma bisa iya-iya aja. hahaha

"Hey, look there is something on your nose. A black things" Gue nunjuk hidung doi
"This one? this is tatto!" mukanya innocent

Sumpah gue kaget dan malu banget. Gue kirain kotoran ternyata tatto. Mana gue tau kalo ada tatto cuma setitik doang begitu. haha Gue pun jalan-jalan ama doi. Peratan selfie doi lengkap banget broo.. bawa kamera DSLR, kamera Mirrorless, Iphone dengan berbagai lensa tambahan. hahah Sadis gak tuh. Gue bawa satu kamera aja udah keberatan doi bawanya banyak amir. haha

Gue ama Sam memutuskan buat pergi ke Piazzale Michelangelo. Nah disana kita bisa liat sunset dengan pemandangan kota Florence. Emang butuh perjuangan sih kesananya soanya jalannya agak nanjak tapi perjuangan dan apa yang lo liat sebanding banget! Super indah banget liat pemandangan Florence dengan Duomonya. Gue menghabiskan waktu bersama Sam di kota Florence yang Indah. Mayan temen baru bro. Setelah liat sunset kita jalan lagi ke pedestrian Florence dan memasuki beberapa toko souvenir salah satunya adalah rumah pinokio dimana di dalemnya terdapat banyak banget jam dinding kukuk terbuat dari kayu.

Ternyata Sam juga harus ke Roma jadi dia gak stay di Florencw kaya gue. Kita pun cabut ke stasiun. Gue anterin dia dan bantuin buat mastiin keretanya. Gila gue salut banget sama ini orang. Bahasa inggrisnya pas-pasan tapi berani jalan sendirian di Eropa. 10 jempol dah buat Sam! Keberaniannya keren dah. Gue melambaikan tangan pas doi masuk ke dalem kereta sekarang giliran gue cus ke bis gue ke pisa airport. ehhh! bukan artinya gue bakal naik pesawat tapi karena dengan 5 euro ajak gue bisa sampe Pisa dari Florence dengan menggunakan terravision. Soalnya tiket kereta tiba-tiba mahal jadi gue akan naik bus dari pisa airpost ke pisa central terus naik bus lagi kerumahnya host couchsurfing gue yaitu Roberta. Irit bukan! hahaha


PISA


Aha! Gue sampe di pisa airport. Udara dingin banget diluar sedangkan bus gue ke Pisa central masih 10 menit. Gue jalan mondar mandir biar tetep gerak. Beberapa kali gue memastikan nomor bus yang Roberta bkasih tau gue jadi gue gak kesasar.

Gak lama bus gue dateng dan penumpangnya cuma 2 orang yaitu gue dan seorang pria berkulit gelap. Banyak orang ketakutan ama orang-orang berkulit gelap cuma gue gak mau negatif thinking. Gak semua orang berkulit gelap jahat kan. Gak boleh mengeneralisasikan so gue senyum kearah orang itu. Pas udah mau sampe Pisa Central Station. Si pria deketin gue dan bilang hati-hati dengan barang bawaan dan nanyain gue mau kemana. Gue bilang aja gue mau ke rumah temen gue di daerah "A" pake bus no 100 dan dia pun ternyata juga mau naik bus yang sama kaya gue. Dia menawarkan bantuan ke gue. Tuh kan apa gue bilang! Orang kulit gelap mau bantu gue dan dia gak jahat so, prediksi gue bener.

Namahnya Ahmad ternyata dia dari Madagskar dan sedang sekolah kedokteran di Pisa. Hari itu dia pengen ke rumah sakit karena dia ada praktek disitu. Gilaaa gue nganga. Keren banget ini orang jauh-jauh dari Madagascar gitu ke Italia buat belajar kedokteran dan dia bisa bahasa Italia. Super. Sambil nunggu bus kita pun ngobrol. Nambah lagi temen gue! beginilah kalo jalan-jalan sendirian. Gue bebas mau ngapain aja, ngobrol ama siapa aja otomatis gue kenal lebih banyak orang dan akhirnya keep in touch dan jadi temen deh akhirnya.

Setelah naik bus dan dijelasih Ahmad dimana gue harus berhenti akhirnya gue sampe juga di jalan deket rumahnya Roberta. Dengan berbekal peta buatan sendiri yang gue buat dari rumah gue mengura-ngira arah mana yang harus gue tuju. Gue cari tuh nomor 45 secara teliti dan akhirnya gue temukan hahaha gue bunyiin tuh bel sebenernya gue gak enak soalnya waktu itu udah jam 10 malem. Roberta dateng bukain pintu. Cewe Italia ini berkulit eksotik dengan rambutnya yang kriting dan tindikan di hidungnya. Gue rasa dia pencinta kebebasan haha sok tau banget gue.

Seneng banget bisa sampe rumahnya Roberta setelah perjalanan panjang gue di Florence. Gue ngobrol sama Roberta dan di dalem kamarnya ada bendera warna warni pendukung hubungan sesama jenis. Gue gak yakin-yakin amat sih arti bendera itu beneran kaya yang gue maksud atau kaga. Gue takut seketika. Takut kalo si host gue ternyata menyukai sesama hahahaha secara cewe ama cewe gitu kan haha. Gue positif thinking aja. Dia baik banget dan kamarnya cozy banget deh. Roberta punya tempat tidur tingkat jadi dia diatas gue dibawah. Semaleman suntuk doi telponan ama seseorang pake bahasa Italia sehingga gue roaming setngah mampus. Hmmm tapi gue haru tidur soalnya besoknya gue harus jalan ke Pisa dan cabut ke Cinque Terre. My next destination haha.

Yap! Rencana gue ke Pisa adalah cuma buat liat Pisa tower yang miring itu. Lagi-lagi buku IPS waktu SD menjadi inspirasi dan motivasi gue untuk kesini. hahaha Itu bangunan kan tenar banget jadi asik banget pasti kalo liat sendiri haha. Roberta kasih gue peta dan jelasin segalanya. Dia gak bisa nemenin gue karena doi harus kuliah dan kita bakal ketemu di Piazza Garibaldi buat makan siang bareng-bareng. So, gue ama dia pun jalan kaki ke center kota dan berpisah ditengah jalan. Gue lewatin beberapa jembatan di Pisa dan menurut gue indah banget dengan langit biru lengkap dengan sinar matahari pagi serta bangunan tua klasik disekeliling gue. Gue langsung cari bus buat ke Menara Pisa. Gampang dan cepet banget bus ke Menara Pisa. Gak lama di bus gue udah sampe cuma jalan 5 menit menara pisa yang miring itu udah di depan mata gue. Menara ini beneran miring coy asli gak boong. Gilaaaa seneng banget gue bisa liat ini menara. Tinggi dan besar ternyata. Ah asli rasanya gue senyum aja itu sehatian saking senengnya. Hari itu rame banget dan banyak turis foto seakan-akan dorong menara atau ketimpa menara sedangkan gue cuma sendiri jadi susah banget buat foto seolah-olah begitu. Terima nasib aja Arista. Punya foto ama menara Pisa aja udah sukur haha. Gue minta tolong fotoin orang selalu gagal dan ngenes tapi tenang akhirnya gue menemukan spot sepi sehingga gue bisa mendirikan tripod gue dan ngeset timer tanpa harus menanggung malu hahaha.

Gue bertanya-tanya apakah ini menara bakal roboh suatu saat nanti soalnya setau gue tiap taun kemiringannya bertambah. untungnya sebelum roboh gue udah liat jadi gak patah hati setelah bertahun-tahun liat dirinya di buku IPS terus pas punya uang mau kesana eh roboh haha sakit kan. Setelah mengunnjungi Menara Miring. Gue jalan menyusuri Pisa. Gue jalan-jalan asik aja tanpa tujuan yang berarti sambil nunggu makan siang soalnya gue harus ketemu Roberta. Akhirnya gue memutuskan buat ke Plaza Garibaldi siapa tau ada yang bagus disana untuk di liat. Dan ya bener aja Piazza Garibadi bagus dengan pemandangan sungai dan jembatan di depannya. Gak lama Roberta dateng dengan 3 orang temennya dan kita pun menuju tempat makan. Gue makan panini dan yogurt. Gila ini tempat makan murah banget soalnya panini gue gedenya bukan main, enak dan bergizi haha. Jadi kangen! Tapi sebenernya ada yang gue kesel di Italia. Tiap ke toko panini dan gue liat menu pasti ada tulisan "Arista" di menu karena "Arista" artinya adalah bagian belakang babi dimana katanya sih bagian paling enak babi dan biasa jadi isi panini. Sakit banget hati gue karena nama gue artinya bagian belakang babi di Italia huhu. Gue ngobrol panjang lebar sama mereka dan kalo ngobrol aa orang Italia pasti gak jauh-jauh tentang makanan. Jamin deh! haha

Setelah makan siang bersama gue pun cabut ke rumah Roberta buat ambil tas dan pergi menuju stasiun untuk ke La Spezia dan kemudian ke Cinque Terre.

CINQUE TERRE


Akhirnya saudara-saudara gue sampe di Cinque Terre setelah melakukan perjalanan panjang pake kereta karena gue harus ke Florence dulu terus dari Florence ke la Spezia dan akhirnya ke Riomaggiore yaitu salah satu desa di Cinque Terre. Cinque Teerre dalam bahasa Italia artinya lima desa yang terdiri dari Desa Monterosso, Vernazza, Corniglia, Manarola dan Riomaggiore yang menjulur dari utara ke selatan. Bangunannya warna-warni persis kaya di kartu pos deh aslo deh. Bangunan warna-warni ini berdiri di atas batu karang. Untuk jalan mengunjungi desa-desa ini, kita bisa hiking dan trekking karena ada jalan kecil yang menghubungi kelima desa ini, bisa pake ferri dan kereta juga. Kereta paling gampang dan murah. Waktu itu gue pengen banget hiking dan trekking cuma ditutup karena hujan dan winter jadi gak banyak orang datang buat mengunjungi Cinque Terre.

Musim paling baik buat mengunjungi Cinque Terre adalah pas musim semi (April-Juni) karena gak terlalu ramai orang sedangkan summer bakalan rame banget dengan turis dan harganya pun bakal naik selangit. Nah, winter Cinque Terre kaya kota mati. Bener-bener dikit turis dan banyak toko tutup. Gue merasa Cinque Terre milik gue saat itu karena ya gitu dikit banget orang. hahah

Kali ini gue gak pake couchsurfing karena bukan area backpaker jadi gue pake airbnb dimana gue sewa satu kamar buat diri gue sendiri semalem. Mahal emang. Gue bayar 56 euro per malem cuma mau gimana lagi sekali-kali menikmati hidup gak ada salahnya kan? hahahaha Tidur di kasur gede sendirian, relaxing dan tanpa harus basa-basi sama orang hahaha. Kadang waktu-waktu seperti itu sangat dibutuhkan. Alhamdulillah banget kamar yang gue sewa bagus dan bersih. Gue nginep di Riomaggiore dan kamar gue bener-bener cita rasa Italia dimana gue bisa liat pemandangan gang-gang kecil dari kamar gue. Yap! gue tinggal di salah satu bangunan warna-warni itu hehe. Di depan intu kamar ada tulisan "Welcome Arista" asik dah. Karena pemiliknya gak ada di flat dimana gue tinggal dia kasih gue petunjuk gimana memperoleh kunci kamar jadi gue cum ikutin petunjuk dan dapet deh.

Desa pertama yang gue kunjungi adalah Monterosso yaitu desa paling utara. Nah disini gue liat panta berpasir dengan batu besar ditengahnya. Angin bertiup kencang karena cuaca waktu itu tidak begitu bersahabat. Gue jalan menyusuri Monterosso. Nah, Monterosso terdiri dari dua bagian yaitu old town dan new town dimana old town banyak bangunan tuanya sesuai dengan namanya dan new town banyak banget restaurant, cafe dan hotel.

Gue sedih banget sebenernya karena waktu gue singkat di Cinque Terre dan cuaca sangat tidak mendukung. Mau terjun ke laut aja cuma dosa kalo bunuh diri jadi gue tetep melanjutkan kehidupan gue. Dari Monterosso gue ke Vernazza yaitu desa selanjutnya. Pemandangan di Vernazza bagus deh cuma gue harus sedikit mendaki dan menyusuri jalanan kecil untuk bisa menikmati pemandangan Vernazza dari atas. Walaupun cuaca tidak mendukung pemandangan di Vernazza tetap membuat gue terkesima dengan warna-warni bangunan dan warna air laut yang mempesona. Di Vernazza terdapat dermaga dengan beberapa perahu kayu disekitarnya. Kereeeen dah! Karena winter gk banyak orang jadi gue bisa keluarin tripod gue untuk foto hahahaha gue bilang kan kalo waktu itu Cinque Terre adalah milik gue haha

Karena waktu yang singkat gue memutuskan enggak ke Corneglia karena akan memakan waktu banyak dan gak begitu menarik buat gue. Gue cabut ke Manarola dan Riomaggiore yang merupakan dua desa paling hits di Cinque Terre. Diantara desa ini ada La Via de'll Amore (Lovers Pathway), yaitu jembatan penghubung yang kanan kirinya banyak gue liat gembok yang ada nama-namanya. Klise sih sebenernya! Gue gak pernah tulis begituan karena gue gak punya pacar dan gak penting juga hahahaha. Nanti kalo udah punya pacar gue kaya gitu deh biar pernah aja gitu.

Manarola, SUPER INDAH! Ini pemandangan bener-bener kaya di google. Gue seneng banget bisa liat view kaya gini. Rasanya ingin jungkir balik saking senengnya. Warna warni bangunan diatas karang dengan warna laut hijau biru yang mempersona walau langitnya abu-abu tapi tetep menggoda! Cadas banget deh! Gue gak bosen-bosen liat pemandangan Manarola. Super cool!

Desa terakhir yang gue eksplore adalah Riomaggiore dimana merupakan tempat gue stay. Desa ini bagus dan unik. Kecil namun memukau. Dikala musim panas banyak orang jemur bajunya di depan rumah dan depan jendela sehingga bergantungan. Kaya di film-film gitu cuma karena winter gak ada satupun orang yang jemur bajunya di luar. Hujan semakin menjadi-jadi sehinga gue gak bisa menikmati pemandangan Riomaggiore sepenuhnya. hmmmm... akhirnya gue memutuskan untuk balik ke kamar gue buat packing dan cabut ke destinasi berikutnya yaitu Venezia yang tenar dengan rumah diatas air. hahahahaha

Walau cuaca gak bagus, gue tetep bahagia bisa mengunjungi Cinque Terre. Cinque Terre harus banget lo kunjungi kalo ke Italia karena indah, menawan dan jauh dari keramaian kendaraan bermotor! Kalo mau liat pemandangan kaya di google atau kartu pos, tempat ini salah satunya haha



VENEZIA


Okay, perjalanan gue lanjutkan ke Venezia. Karena lagi-lagi gue harus ke Florence dulu buat transit dan cus ke Venezia. Kali ini gue gak sendirian di kereta karena gue ketemu dengan dua orang cewe dari Singapura pas gue di stasiun Cinque Terre. Senengnya ada temennya. Mereka jalan-jalan berdua dan nawarin gue buat ke hotel mereka ngaso sebelum cabut ke Venezia. Gue terima tawaran itu dan yihaaaa gue bisa tiduran di kasur empuk sejam sambil wifian. Kurang beruntung apalagi coba? hahaha Gue bakal sampe di Venezia tengah malam banget cuma gue bakal di jemput ama host gue dari couchsurfing jadi tetep santai.

Nah perjalanan Florence ke Venice lumayan jauh jadi gue bisa tidur dulu di kereta. Pas sampe Venice, host gue jemput gue dan kita jalan menuju rumahnya. Rumahnya gak jauh dari Stasiun Venezia Mestre. Sampe rumah gue dimasakin pasti. Lagi-lagi gue dimasakin pasta ama orang Italia. aseeeeek banget hidup gue haha. Tau aja gue laper bos! hahaha Host gue nunjukin gue video Venice sebelum tidur dan ngeprint peta buat gue jadi gue bisa jalan-jalan cantik keesokan harinya.

Lagi-lagi gue menikmati keindahan kota Venice sendirian. Tetep bahagia walau Venice terkenal dengan keromantisannya dan identik dengan gondolanya. Gak sangka gue akhornya bisa mneginjakkan kaki gue di Venice dimana merupakan sebuah kota cantik penuh air yang sangat terkenal di dunia ini pemirsa.

Gue adalah backpaker anak muda jadi selalu cari objek wisata yang gratis secara budged pas-pasan. Di Venice banyak banget tempat indah yang gue kunjungin secara gratis.  Gue jalan menyusuri jalan-jalan kecil yang memiliki banyak jembatan sehingga gue bisa liat gondola hilir mudik dengan gratis. Indah banget deh. Bentuk gondola yang unik dan tukang gondolonya memakai baju belang-belang bagaikan seragam dengan topi hitam dikepalanya. Gue meneruskan perjalanan gue ke Rialto bridge dan pasar di sekitarnya. Jembatan Rialto ini tenar banget karena merupakan jembatan tua di Venice dan dari sini kita bisa liat pemandangan Gondola yang sibuk hilir mudik. Gue minta tolong fotoin orang tua yang gue rasa dari Jepang. Terus gue bilang "Arigato Gozaimasu" dan "Dozo Yoroshiku Onegaizimasu" hahaha Gue cuma inget beberapa kata dalam bahasa Jepang soalnya gue pernah belajar bahasa Jepang pas SMA. Nah dia terbelalak kaget dan senneg banget. Gue sampe sikasih sumpit made in Japan. hahaha Kocak ya gue jalan-jalan ke venice tapi dapet sovenir asli dari Jepang hhahahah. Rejeki anak soleh!

Gak jauh dari Jembatan Rialto gue ketemu dua orang dari Filipina dan akhirnya jalan bareng. Yang cewe udah 30-an taun. Dia adalah seorang perawat di Dubai dan lagi berkunjung. Satunya adalah seorang pria filipina yang tinggal di Florence. Nah ini orang agak lekong hahaha. Mereka doyan banget di foto men. Asli gue ampe ngakak-ngakak sendiri kalo liat mereka gaya.

Gue jalan-jalan bersama mengunjungi beberapa tepat di Venice yaitu St. Mark Square, Piazza Sant Marco, Gereja St Mark Basilica, Palazzo Ducale, Grand Canal, dll. Asli bagus banget deh pemandangan di Venizia. Langit yang biru juga sangat mendukung dan menambah keindahan Venice. Klo lo tingal lebih lama di Venice lo bisa berkunjung ke Burano dan Murano yatu dua seda penuh bangunan warna-warni di Venice. Cuma harus nyebrang lagi dan karena gue gak sempet jadi gue gak kesana. hehehe

Jangan lupa beli gelato ya di Venice. Gak ada es krim yang gak enak di Italia. Semuanya lezat apalagi favorit gue yaitu Straciatela hehe nyamnyam. Kalo budged lo terbatas tapi pengen naik gondola bisa kok. Di venize ada gondola yang cuma buat nyebrang dan harganya murah. Yang penting pernah naik gondola kan? gak harus naik gondola yang bagus dan penuh ornamen. Kalo sendirian bisa bangkrut tapi kalo lo bulan madu atau lagi ama pasangan boleh lah. kan momennya bagus dan lebih enak kalo ada partner hahaha. Kalo buat makanan murah di Italia lo bisa makan Pizza atau Panini. Inget jangan duduk dan makan di restaurant kalo gak mau bayar lebih yaaa. hehehe

Akhirnya perjalanan gue di Italia berkahir dan gue akan melanjutkan perjalanan gue ke Ljubljana, Slovenia :)

1 comment :

  1. Kereeen....pas banget nih infonya, kebetulan lagi di Calenzano...pengen Firenze jg sama Pengen ke Pisa cm bingung caranya...secara sendirian. Btw nice jd terinspirasi buat jalan sendiri...lumayan 2 hari off nih

    ReplyDelete

Write what do you think about that :)