Thursday, July 10, 2014

Rumah Pengasingan Bung Soekarno, Bengkulu


       Siapa sih yang gak kenal ama Bung Karno? Kalo lo orang Indonesia pasti kenal ama tokoh yang satu ini. Beliau adalah proklamator kmerdekaan Indonesia dan merupakan presiden pertama Republik Indonesia. Gue sama sekali gak pernah membayangkan dapat berkunjung ke rumah pengasingan Bung Karno di Bengkulu. Rumah bergaya belanda ini masih terawat indah dan berdiri kokoh. Di depan rumah tersebut berkibarlah sang saka merah putih. Sungguh pemandangan yang luar biasa. Akhirnya gue bisa nginjek lantai rumahnya bung Karno walaupun beliau sudah tiada hehe.

       Di rumah pengasingan ini terdapat beberapa ruangan diantaranya teras, ruang tamu, ruang kerja bung Karno, dua kamar tidur, halaman, sumur di belakang rumah, dll. Rumah ini sungguh-sungguh masih terawat. Di ruang kerja bung Karno terdapat buku-buku tua yang tersusun rapi dibalik lemari kaca, sebuah meja coklat dan bendera merah putih kecil diatasnya serta sebuah foto yang menempel di dinding rumah. Gue di ceritain kalo bung Karno yang merancang rumah ini sendiri, dan dapat membaca lebih dari 1 buku dalam sehari. Hebat banget kan? Multitalent banget bapak presiden gue yang satu ini. Walau di pengasingan aja masih bisa melakukan banyak hal yang luar biasa.

       Gue juga melihat dua buah tempat tidur kuno yang pastinya dulu ada kelambunya di dua buah kamar. Disana juga ada banyak foto-foto. Ada foto surat-surat bung karno untuk ibu Fatmawati, ada foto bu Fatmawati dan lain-lain. Pokoknya kalo lo ke Bengkulu, lo harus kunjungin rumah pengasingan ini. Gak salah kan kalo kita sebagai anak Indonesia tahu tentang sejarah dan belajar lebih dalam lagi tentang Negara tercinta ini hehe. Gue sama sekali gak rugi deh kesini. Tapi karena makin lama makin rame. Saat itu banyak anak-anak kecil seliweran dan gue rasa sih lagi study tour sehingga rumah pengasingan yang kecil itu terlihat sesak dan buat gue pengap setengah mati. Keringet gue udah jatuh-jatuh ke pipi, leher maupun mengalir ke punggung gue hahahah jadinya gue dan temen-temen pun memutuskan untuk pergi dan melanjutkan perjalanan berikutnya.


4 comments :

  1. kaka ga sekalian ke fort malborough, tempatnya bagus loh kak ga jauh dari rumah pengasingan bung karno

    ReplyDelete
  2. haha.. aku udah ksana juga cuma blm sempet update. makasih ya sarannya :)

    ReplyDelete
  3. hehehe kirain belom, iyah abis ga ada ceritanya
    cerita dinegri kincir ditunggu ya kak :)

    ReplyDelete
  4. hahaha... ini siapa dah?
    Sip2 ditunggu aja yah hahahahahha :D

    ReplyDelete

Write what do you think about that :)