Friday, July 20, 2012

Kite Festival



Hari ini gue bakal cerita mengenai "Kite Festival" atau kalau dalam bahasa Indonesia disebut "Festival Layang-layang" pada tanggal 15 Juli 2012 kemarin. Banyak orang membayangkan jika festival layang-layang itu indah dan cool karena diadakan di pantai. Tapi bayangan itu harus ditumpas jauh-jauh. Karena festival layang-layang dibali itu kerasnya bukan main kawan-kawan. Festival ini berlokasi di sebuah lapangan di  depan Pantai Padang Galak yang panasnya luar biasa. Bukan seperti perlombaan layang-layang yang lainnya yaitu layang-layang yang unik dan indah. Disini, ada tiga jenis layang-layang raksasa yang dilombakan dan untuk menerbangkan layangan ini juga membutuhkan orang-orang yang cukup banyak. wooow...
          Aspek-aspek yang dinilai adalah keindahan layang-layang dalam berlenggak-lenggok di langit, bunyi (pada layangan terdapat benang yang menimbulkan bunyi saat diterbangkan) dan perpaduan warna dari layang-layang. Dibutuhkan perjuangan yang sangat keras dalam menerbangkan layang-layang ini. Disamping berat layangan yang tidak ringan, kondisi cuaca yang sangat panas juga mempengaruhi. Banyak orang-orang yang menerbangkan layangan menggunakan topi, syal ataupun sunblock sehingga muka mereka terliat sangat putih.
         Peserta lomba yang mengikuti festival ini banyak sekali. Mereka berasal dari berbagai banjar (seperti RT/RW) di berbagai daerah di Bali. Mereka semua membawa layang-layang raksasa ini dengan menggunakan truk atau berjalan kaki bersama-sama sehingga tidak sedikit yang membuat jalanan macet. Para peserta tersebut membuat tenda untuk beristirahat dengan menggunakan layangan raksasa itu sebagai atapnya.  
           Daripada kalian semua menghayal yang aneh-anah tentang layang-layang kaya apa sih yang ada. Ini gue kasih beberapa hasil jepretan gue pada saat festival tesebut :






Walau cuaca saat festival ini sangat tidak bersahabat dengan kulit, tapi bagi gue ini kegiatan sangatlah keren. Kenapa? karena pada zaman ini masyarakat Bali masih dapat mempertahankan budayanya dengan rutin mengadakan kegiatan ini setiap tahunnya. Antusias yang sangat besar dari tiap peserta sangat terlihat saat mereka bersahutan dalam usahanya menerbangkan layang-layang raksasa itu ke langit. 100 jempol deh buat festival ini. Menang kalah sudah biasa. "Memeriahkan acara ini aja sudah sangat berarti", kata seorang peserta. Ini adalah festival layang-layang pertama yang bisa gue kunjungi setelah gue pindah ke Jakarta untuk kuliah. Dan memang tidak banyak berubah. 
Semoga aja festival ini dapat terus bertahan. :)


1 comment :

  1. foto-fotonya keren !!
    saya menulis cerita tentang festival layangan di sumatera barat, tetapi ketika itu tidak ada kamera yang cukup memadai dan ada 1 foto di blog ini sangat dekat penggambaran kondisinya dengan festival layangan yang saya saksikan. saya izin menggunakan fotonya di blog yang saya kelola ya :) koridorrimbacluster1.blogspot.com
    terimakasih banyak :)

    ReplyDelete

Write what do you think about that :)