Sunday, January 18, 2015

National Tulip Day, Amsterdam

Happy National Tulip Day! 






     Tulip adalah bunga ciri khas Belanda. Siapa sih yang gak tau bunga indah ini? Tapi, sebenernya bunga tulip gak bener-bener berasal dari Belanda. Bunga ini sbenernya berasal dari Asia Tengah dan tumbuh liar di kawasan Pegunungan Pamir di Kazakhstan dan pegunungan Hindu Kush. Saking indahnya bunga tulip akhirmya Kerajaan Ottoman Turki pun terpikat dan pada akhirnya tahun 1080 Turki mulai membudikayakannya. Karena keindahannya, bunga tulip kemudian populer di Asia Tengah dan diperkenalkan di Austria (Eropa Timur) karena pada saat itu daerah itu ada dibawah kekuasaan Turki Ustmany.
      Akhirnya pada tahun 1592, duta besar Austria membawa koleksi bunga tulip dari Wina dan memberikan biji-biji bunga tulip kepada ahli perkebunan Belanda yakni Carolus Clusius. Biji-biji yang dikasihin itu ditanam di kebun praktik Universitas Leiden. Carolus melakukan penelitian dan memperoleh variasi warna bunga tulip baru. Oleh karena itu Carolus Clusius menjadi tokoh besar dalam sejarah bunga tulip di Eropa. Kini bunga tulip telah berkembang menjadi lebih dari 3.000 varietas dengan variasi warna dan bentuk yang berbeda-beda dan Belanda menjadi satu-satunya negara produsen bunga Tulip. BRAVO BELANDA! hahaha
      Jadi,Tanggal 17 Januari 2015 kemarin adalah hari tulip nasional. Acaranya bertempat di Dam Square, Amsterdam. Persis di depan Royal Palace dibuat taman bunga tulip yang berwarna-warni sumbangan dari beberapa perkebunan tulip di Belanda. Ada sekitar 200.000 bunga tulip di depan mata gue pada saat itu. Indah banget asli haha. Acara ini menandakan bahwa musim tulip udah mulai jadi orang-orang bisa beli bunga tulip dimana-mana. Di acara ini orang-orang yang dateng bebas ambil tulip yang mereka mau gratisan. yeeeeeeey musti ngantri bro! ngantrinya gak ketulungan haha. Awalnya gue cuma mau motret doang tapi cuma bisa dari jauh akhirnya gue memutuskan untuk antri juga jadi bisa masuk, dapet tulip dan bisa motret tulip dari deket. Superb! Gak sabar banget nunggu bulan April bial bisa liat taman bunga tulip yang sesungguhnya di Keukenhof. haha
       Ada ratusan orang yang dateng ke acara ini. Taman yang awalnya damai dan tentram jadi keos haha gak sampe adu bacok atau apa sih cuma pada rempong ngambil tulip masing-masing. Bunga tulip warna putih abis paling cepet entah kenapa gue pun gak kebagian. huhu Gue yang awalnya gak mau masuk pun terpikat dan akhirnya gue juga ngambil beberapa bunga tulip hahaha. Gue terpikat asli terpikat oleh kecantikan dan warna-warni bunga tulip sampe-sampe pengennya lama-lama di taman dan gak mau banget keluar. Ohya, bunga yang dikasih gratisan ini sekalian ama bulbnya loh kaya tunasnya gitu jadi bisa ditanem di tanah jadi gak abis-abis deh bunga tulipnya hahaha. Cuma kayanya ribet deh nanemnya haha.



3 comments :

  1. Aristaaa... mau dong tulipnyaaa.. Dari dulu pengen lihat bunga tulip asli nih. hehehe :')

    ReplyDelete
  2. hahaha.. andai aja kirim ke Indonesia murah aku kirimin deh Ari. Kamu ke Belanda aja bulan April bakal banyak bunga tulip di taman haha :)

    ReplyDelete
  3. jadi bunga tulip jatuh di bulan april ?

    ReplyDelete

Write what do you think about that :)