Friday, January 30, 2015

Backpacking ke Toulouse, Prancis








       Setelah  menikmati indah dan hangatnya kota Barcelona saatnya move on ke Toulouse (Bacanya "Tulus"). Toulouse adalah salah satu kota di sebelah selatan negara Perancis. Mungkin gak banyak orang tau tentang kota ini gak kaya Paris yang super populer. Gue iseng-iseng juga sih kesini mumpung tiket bus murah cuma 12.5 euro saja gue udah bisa sampe sini dari Barcelona hahaha.  Lagian juga searah ke Nice dan Monaco.  Lagi-lagi gue pake maskapai perbusan yaitu MEGA BUS. Gue berangkat dari Barcelona ke Touloyse jam 8.00 pagi dan sampe di Toulouse jam 12.00 Siang.  Di Toulouse gue gak pake hostel lagi tapi gue pake couchsurfing yang berarti gue tinggal dii rumah orang lokal secara gratis.  Kebetulan gue dapet host perempuan. Doi dari Senegal bro dan kerja di Toulouse. hahah Mayan siapa tau nanti gue jalan-jalan ke Senegal gretongan bisa nginep dirumah doi haha #ngarep
       Nama host gue adalah Khadi. Karena Khadi gak bisa jemput gue alhasil gue harus kerumahnya sendirian. Khadi bilang gue harus naik bus no 22 dan anti turun di  Garin. Pas sampe di terminal bus dari Barcelona gue celingak celinguk cari bus no 22. Ini terminal sepi bingiiiit gak kaya di Indonesia super rame hahaha. Gue pengen banget nanya ama orang dimana gue bisa nemuin bus ini tapi tiap orang yang gue tanya gak bisa bahasa inggris dan langsun mengjindari gue seakan-akan gue ini apaan banget haha mereka gak kasian ape ama gue yang gendong tas super besar dengan badan seunyu ini. ahaha Gak lama setelah itu ada 2 gadis chinese lewat dan gue tanya aja eh ternyata mereka juga turis dan
nyuruh gue ke informasi siapa tau bisa ngebantu gue. Mayanlah dapet info yang berguna haha. Nah sampe pusat informasi gue tanya deh dimana bus no 22 dan gue tunjukin alamat Khadi ke embak-embak yang lagi jaga dan tiba-tiba dia nyaranin gue buat naik metro dong ya. Metro letaknya gak jauh dari stasiun jadi ternyata semuanya berhubungan saudara-saudara. Sebelah terminal yang sepi ini adalah stasiun kereta api. haha Alhasil gue pergi ke stasiun nah disana gue nanya lagi ama petugas dan petugas suruh gue ngikutin petunjuk yang ada gambar bus dan akhirnya setalah muter-muter gak jelas gue nemu halte bus ini. Seneng banget ya Allah. Akhirnya nemu juga haha.  Pas di halte ada kakek nenek gue tanya aja sekalian mastiin bener gak gue lagian gak lucu aja gitu gue udah nunggu lama-lama ternyata semua itu palsu. Pas gue tanya eh mereka gak bisa bahasa Inggris juga huhu. Tapi karena kebaikan hati mereka, mereka bener-bener usaha banget buat bantu gue kita pun memakai bahasa tubuh akhirnya. Gak lama kemudian bus pun dateng gue pun masuk dan beli tiket di pak supir. harga tiket one way adala 1.50 Euro. Perjalanan gue tempuh selama 20 menit. Nah setelah sampe gue cari tuh rumahnya tapi gue gak nemu-nemu gue telponin Khadi gak bisa. Gue stress haha Pokoknya  hari gue di Toulouse itu complicated banget banyak cerita gak penting haha. 
       Nah! Pas gue lagi bingung cari rumah Khadi ada mbak-mbak lewat. Dia orang Afrika juga tapi tingal di Paris nah alhamdulillah dia bisa bahasa Ingrris. Dia bantu gue dengan menelpon Khadi pake HP-nya. Baik bangetnya si mbak. Aku terharu. Gak lama setelah itu Khadi pun keluar dari rumahnya dan nyamperin gue. Ahhay! Gue pun bahagia banget bisa ketemu Khadi pas sampe di kediamannya kita pun ngobrol-ngobrol biasalah basa basi gitu loh haha terus gue mandi dan siap-siap buat jalan-jalan. Pada saat itu Khadi gak bisa nemenin gue jalan-jalan karena dia abis pulan larut malam sebelumnya karena kerjaan. Yaudah gue pun jalan sendirian lagi haha. Cuaca pada saat itu gak bagus. Abu-abu! Mendung! Khadi kasih gue petunjuk gue harus turun di  halte mana. Lengkap banget.
Gak lama setelah itu kejadian aneh dan kocak menyerang gue lagi! haha Nah karena buat ke pusat kota gue harus naik bus alhasil gue ke halte bus lagi dan nunggu bus disana
       Nah pas di halte ada satu cewe bawa bedak yang ada kacanya. Ceritanya doi lagi ngaca gitu ama lipstikan. Gue sebagai manusia normal y ague diem doang dong ya pas lagi di halte sekalian nunggu bus. Ya kali gue SKSD haha. Beberapa detik kemudian cewe itu ngajak gue ngobrol tapi pake bahasa perancis jelas aja gue gak ngerti haha Gue bilang ke di ague  gak bisa bahasa perancis dan ternyata dia pun gak bisa-bisa banget bahasa inggris huhu Dia selal buka google translate buat ngomong am ague haha. Gak beberapa lama kemudian dia nanya ke gue “DO you come from USA?” jedeeeeeng What? USA? Gile lo ndro emang komuk gue kaya bule apa ampe dikira dari USA haha. Ini orang kocak asli  gue bilang aja gue dari Indonesia dan dia pun gak tau Indonesia itu dimana. Hati gue terkoyak-koyak huhu
       Setelah terkoyak-koyak hati gue bus pun dateng dan gue pun masuk. Si cewe tadi manggil gue dan nyuruh gue duduk di samping dia yaudah gue duduk aja disamping dia haha. Kaya anak kuliahan aja ya dia ngetagin tempat duduk haha. Dia pun mulai curhat. Dia bilang kalo dia gak suka tinggal disini orang-orangnya kaya domba. Dia pengennya tinggal di USA Haha Gue juga gak ngerti kenapa dia sampe ngomong begitu gue cengok dan sok iya tetep dengerin dia haha. Ampun ini orang lucu banget dah. Gue Tanya kenapa lo selalu ngaca tiap saat? Dia bilang ini gangguan gue soalnya dia gak bis abanget lepas dari kaca dan gak make upan sampe-sampe ibu-ibu depann gue liatin dia ampe begitu banget. Setelah bercakap-cakap selama di perjalanan akhirnya gue pun tau kalo dia adalah seoran model. Woooow Salut! Haha
       Dua puluh menit pun berlalu dan gue pun turun dari bus tetep besama cewe yang tadi. DIa turun soalnya mau shopping sekalian nunjukin gue pusat kota. Kita pun sampe di pusat informasi (di belakang Capitol) nah disana gue dapet peta gratis. Mayanlah ya! Akhirnya gue bilang “Yaudah gue jalan ye bro” eh dianya nyautin “lo jalan sendiri bro gak nemenin gue shopping?” hahah ya kali gitu gue dateng jauh-jauh ke Toulouse buat nemenin orang baru kenal shopping haha Gila kali terus gue tolak aja eh dia jawab “kenapa enggak? Emang lo kaga punya duit ya buat shopping?” hahaha dalam hati gue ngakak bungker-bungker. Haha Gue bilang aja duit gye terbatas lagian gue cuma sehari disini jadi harus memaksimalkan waktu yang ada. Akhirnya kita pun berpisah di depan Capitole dan gue mulai perjalanan gue. 

       Di bantu peta gue merencanakan perjalanan gue yang singkat ini. Cuaca semakin tidak mendukung dengan gerimis hujan yang mulai berjatuhan huhu. Gue pun mulai menyusuri kota cantik yang di dominasi warna merah bata. Toulouse gak terlalu ramai dengan orang-orang lalu lalang atau mungkin karena pada waktu itu cuaca lagi gak bagus gue gak ngerti cuma sepi deh ini kota, damai dan tentram. Karena waktu itu udah mulau sore jadi gue memutuskan buat beli souvenir dulu di toko oleh-oleh yang bersebaran tapi harganya mahal gila men. Sebelumnya gue udah beli kartu pos di pusat informasi gue kira diluaran lebih murah ternyata lebih mahal. Mendingan beli di pusat informasi lebih murah. Oleh-oleh disini di dominasi warna ungu lebih ke wangi-wangian kaya farfum, sabun dan aroma terapi. Jadi tiap masuk toko souvenir harumnya sadis men. Enak banget haha. Gak mau lama-lama di tempat oleh-oleh gue pun melanjutkan perjalanan gue menyusuri jalanan Toulouse.  Gue mengunjungi beberapa tempat di Toulouse ini karena waktu gue yang sangat terbatas. Waktu itu gue ke Capitole, terus ke Eglise ND du Tour (ini interiornya bagus banget padahal dari luar  gak ada bagus-bagusnya sama sekali malah gak ngeh kalo ini ada haha) nah abis itu gue ke Chapelle des Carmèlites, museum St Raymond, Basilique St-Sernin (Gereja Tua) terus gue ke Pont St Pierre. Dari sini gue liat pemandangan yang indah dengan jembatan dan sungai. 
       Hujan semakin deras pada saat itu. Gue cuma sempet ambil beberapa gambar dan memutuskan untuk pulang karena sepatu gue udah kuyup banget lagian gue bawa kamera jadi gak aman akhirnya gue pun ke rumah Khadi . Ampe rumah Khadi gue masak nasi goreng soalnya gue bawa bumbunya dari rumah hahaha niat kan gue. Pada saat itu gue cuma ngobrol-ngobrol ama Khadi dan sepupunya yang kebetulan lagi berkunjung kerumah Khadi. Mereka baik banget dan akhirnya pun gue tau kalo mereka berdua juga islam haha. Gak nyangka banget yaa. Kaget gue dengernya. Pokoknya mereka baik dan menyenangkan. Makasih banyak ya buat bantuannya Khadi.

       Jadi begitulah keadian-kejadian yang gue alamin di Toulouse. Waktu yang gue punya singkat dan gue gak puas sama sekali cuma mau bagaimana lagi. Ahaha. You must visit this city someday. Let’s continue my journey!



No comments :

Post a Comment

Write what do you think about that :)