Saturday, June 23, 2012

COOL CHILDREN

Hari ini gue cuma mau cerita tentang kehidupan orang-orang di pinggiran kali ciliwung, Jakarta. Lebih tepatnya gue bakalan cerita tentang kegiatan sekelompok anak-anak yang kerumunin gue saat gue di kali Ciliwung. Gue sangat menikmati suasana yang terjadi serta cerita-cerita dari anak-anak ini.

            Okay.. sebenernya tujuan gue ke pinggiran sungai Ciliwung adalah untuk hunting foto-toto karena gue udah lama banget gak hunting-hunting lagi. Kangeeeeeeen banget deh pokoknya sama kegiatan yang satu ini. Saat gue memasuki perumahan yang berjejer di bantaran sungai Ciliwung yang gangnya masya Allah kecilnya (gue rasa kalo orang obesitas kaga bisa melintas -___-) datanglah beberapa orang anak-anak yang niruin gue ngomong "permisi, Bu". Mereka ngikutin omongan gue terus-terusan "permisi, bu..permisi, bu..permisi, bu" sambil ngikutin di belakang gue-___-. Tapi, anak-anak itu kasi tau gue tempat dimana ada orang-orang yang berenang dan gue langsung cuuuus keTKP berharap dapet momen bagus untuk di foto.
           Saat gue tiba di TKP, gue liat tiga anak perempuan lagi berenang-renang dengan tawa bahagia terpancar dari wajahnya. Awalnya sih gue cuma foto-foto doang dan lama-kelamaan gue malah keasikan ngobrol sama anak-anak ini. Mereka lucu banget lohh. ASLI dah. Mereka adalah Adel, Jesica, Melsa, Sinta dan Deswa. Nah, kalo yang berenang itu namanya Ana, Febi, dan Dinda. Mereka itu bawelnya tidak diragukan lagi  pemirsa. Sungguh terlalu tapi sangat menyenangkan bagi gue. Kebanyakan orang pasti berpikiran kalo anak-anak ini gak menempuh pendidikan dan semua itu bisa gue tepis dengan jurus yang paling kuat karena setelah gue cek dan ricek mereka itu sekolah looh :D
           Gilaaa... yang gue salut sama mereka adalah rasa syukur terhadap kehidupan mereka saat ini. Mereka memperlihatkan kebahagiaan dan keceriaan yang bagi gue sangat luar biasa. Gue miris dengan keadaan lingkungan mereka yang bisa gue bilang kumuh dan gak baik untuk kesehatan #sejatinya. Padahal mereka kan adalah generasi Indonesia yang seharusnya berhak atas fasilitas yang baik juga. Yang paling buat gue shock adalah saat anak-anak ini mandi di kali yang kotornya gak usah diragukan lagi .. CILIWUNG gitu loh... dan ohnoooo!!! mereka sikat gigi dengan air kali ini ya Allah   yang sebelumnya gue liat banyak banget jamban-jamban yang betebaran disekitar kali Ciliwung dan gue juga liat beberapa orang sedang membuang ***** #sensor ke kali dan anak-anak ini sikat gigi.. gue ulangin lagi SIKAT GIGI disini..??? #pingsaaaaanGUBRAK. Belum lagi banyak gue liat ibu-ibu dengan semangatnya mengkucet-kucek hotahai baju-baju mereka dipinggiran sungai. Jadi lo bisa bayangin kan tuh. SAMPAH + KOTORAN MANUSIA + DETERGEN +LAIN-LAIN YANG DILUAR KEBIASAAN bergabung menjadi satu kesatuan yang WOOOOW BANGEEET. Dan lo tau gak? gue dengan krik-krik dan shock waktu si Ana bilang "iiiih.... ada t*i" #sensorlagi. Lo bisa bayangin gak? gue bener-bener shock. ASLI dan anehnya anak-anak itu tetep aja ngelanjutin kegiatan berenang mereka serta sikat gigi walau ada si kuning yang ngambang di depan mata mereka dan sampah-sampah yang melintang disekeliling mereka. OH MY GOD. HELP ME PLEASE. Itu baru tiga orang doang yak yang berenang dan kata si Adel "kalo sore-sore lebih banyak yang berenang kak kak." GILAAAAK!!!! Sampai hari ini gue kalo makan dan inget perkataan si Ana jadi gimana gitu -____-. 
Mereka udah biasa kali ya liat begituan di depan mereka? 

Jessica, Melsa, Adel dan Deswa

               Berhubung waktu terus kejar-kejar gue, akhirnya gue pun pamitan sama anak-anak ini dan si Ana minta nomer handphone gue. Mereka nganterin gue sampe keluar gang-gang mini itu ampe terlihatlah jalan raya. Sedih sih gue harus pergi dan harus berkutat dengan kegiatan gue yang sudah amat sangat membosankan. Semoga aja deh gue bisa dateng lagi ke tempat mereka. Pengen banget gue berbagi ama anak-anak itu sekaligus main sama-sama. Rasanya itu happy banget pemirsa. Sungguh gue kaga bohong.
Makasih banyak ya bocah-bocah bawel yang sudah buat hari gue menyenangkan. Yang pasti gue belajar tentang makna sebuah kehidupan dari bocah-bocah tadi.

"Bersyukurlah dengan apa yang kita miliki karena gak semua orang bisa menikmati atau mempunyai apa yang kita punya. Tersenyum dan tertawalah di segala keadaan karena kemiskinan bukanlah suatu penghalang bagi sebuah kebahagiaan" 

1 comment :

  1. seru banget ceritanya... :D
    membuat aku jadi ikut ngerasain bahagia plus plus nya itu..
    sedih jg membayangkan keadaan anak2 di ciliwung.. smntara disini pun kita ga bs berbuat apa apa.. hmm

    ReplyDelete

Write what do you think about that :)