Friday, June 22, 2012

SELAMAT ULANG TAHUN JAKARTA

" Happy birthday Jakarta yang ke 485 tahun "
       woow.. Ternyata lo udah lumayan tua aja yah Jak?... Semoga aja deh kedepannya lo bisa menjadi lebih baik dari sekarang. Gue cuma mau curhat ke lo tentang apa yang terjadi saat gue tinggal di Jakarta.
       Pliss...tolong kurangin kesembrawutan yang selalu mewarnai hidup gue dan warga-warga lo. Gak banget kan kalo setiap pagi gue harus ngedumel karena motor stuck di tempat kaga bisa jalan ditambah muka gue disemprot sama asap-asap knalpot bajaj, kopaja, metromini, dan kawan-kawannya. Gue yang tadinya cantik berkilau berubah jadi kumel dalam beberapa menit saja. Miris banget ya kehidupan gue di pagi hari. MACET? Itu kayanya udah jadi makanan sehari-hari gue disini. Cuma mau ke suatu tempat yang notabene deketnya nauzubillah bisa jaauuuuuuuuuuuuuh banget jadinya. Jadi BT banget kan kemana-mana gue. Belum lagi kalo mau kesebrang, gilak puterannya jauh aja ampe-ampe bensin gue abis kali ye cuma mau kesebrang doang. -___- Gue yang tadinya anti sama yang namanya klakson yang bagi gue buat bising mau gak mau harus pake ini fasilitas yang nempel di motor gue. Gue yang tadinya setiap lampu merah menyala selalu ada di belakang zebra cross, eh sekarang gue harus paling depan. Parah kan kelakuan gue? Tapi mau bagaimana lagi? semua itu didukung oleh situasi dan kondisi yang setiap hari terjadi di hari-hari gue sehingga terjadilah proses belajar sosial yang kurang baik. OH NO! lama-lama jalan raya belibet kali ya karena udah cape diinjek-injek ama ribuan kendaraan yang penjualannya tiada henti di tiap harinya.

kawasan Kampung Bandan, Jakarta
       Oh ya, gue mau comment tentang kehidupan orang-orang di pinggiran yang gue pikir itu gak layak buat mereka sebagai manusia. Bisa kali kalo pemerintah buatin perumahan atau rumah susun buat mereka agak Jakarta juga bersih. Kasian bener loh mereka harus tinggal di pinggir kali yang bisa meluap kapan saja lalu kebanjiran atau di pinggir rel kereta api yang setiap beberapa menit lewatlah kereta dengan suaara yang WOW banget yang menurut gue bisa buat orang budeg. Gue ngomong gini karena gue setidaknya pernah kepemungkiman orang-orang ini. Betapa sulitnya setiap lo mau jalan tiba-tiba lo harus minggir karena kereta lewat belum lagi dengan suaranya yang ganggu banget. Bisa bayangin gak kalo mereka tidur gimana? Coba kalau yang tinggal di pinggir kali. Heloo.. Kali Jakarta bisa dihitung kali yang bebas dari sampah atau yang kasarnya "bau". Tiap pagi lo buka mata disambut dengan sampah-sampah ngambang di kali dengan baunya yang super duper khasssss. Gimana Jakarta mau sehat kalau begini. huhuhu
        Tolonglah..jangan dipandang sebelah mata orang-orang ini. Hai pejabat, tengoklah warga-warga kau ini. Kau mah enak tidur di kamar super mewah dengan springbed super mahal #nyenyaknya-____-

Kawasan Sunda Kelapa, Jakarta

      Namun,  dibalik semua itu Jakarta juga memiliki makna yang amat sangat buat gue. Gue menemukan manusia-manusia hebat di dalamnya. Di Jakarta gue punya temen-temen yang amat sangat gue sayangi, ntah itu dari kampus gue, ukm gue yaitu TRIPOT PHOTOGRAPHY, temen-temen gue di PANORAMA, pelatihan Nation & Character Building, dosen-dosen dan lain sebagainya. Gue juga menemukan sebuah cinta di kota ini #aheeeee yomeeenn.. gue pacaran ama seorang lelaki yang bernama Steven :D.
indah banget kan? hahahaha
         Walaupun Jakarta itu lekat dengan hal-hal yang gue bilang amat sangat miris tapi di Jakarta juga banyak memberikan gue kekuatan dalam menjalani sebuah kehidupan. Jakarta juga mengajari gue untuk gak gampang menyerah. Gue suka liat orang-orang yang jualan gas elpiji 3 kg bawa gerobak panas-panas, terus jualan apalah. Gila! gue salut banget dah ama bapak-bapak dan ibu-ibu seperti itu. JAKARTA KERAS MEN! itu tuh semboyan yang udah melekat banget ampe-ampe orang pada takut. haha Tapi yasudahlah ya. Semoga aja Jakarta bebas akan macet, banjir, kumuh, dan kemiskinan serta bebas juga dari orang-orang yang berotak kriminal Aminnnn...

No comments :

Post a Comment

Write what do you think about that :)